7 Contoh Penerapan AI (Kecerdasan Buatan) di Bisnis - Rydd

Digitalisasi merupakan keharusan untuk tetap bertahan didunia bisnis saat ini dan AI menjadi salah satu penggerak utama dalam proses ini. Bahkan, McKinsey melaporkan bahwa 78% dari CEO percaya bahwa penerapan AI di bisnis akan berdampak signifikan dalam dua tahun. Terpisah, Forbes menulis bahwa Amazon berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan 20% setelah penerapan AI.

Melihat ini semua, ada baiknya kita pelajari 7 contoh nyata penerapan AI di berbagai bidang bisnis berikut ini!

1. Chatbot/Voicebot Layanan Pelanggan:

Chatbot ataupun Voicebot dapat memberikan respons cepat dan akurat kepada pelanggan, membantu mereka menyelesaikan masalah dengan cepat tanpa harus menunggu lama dan hal ini juga dapat mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan secara masif dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Analisis Data Secara Otomatis:

Proses analisa data dapat dilakukan dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat karena menggunakan algoritma yang canggih dimana AI dapat mengidentifikasi tren, pola, dan inputs berharga dari data bisnis. Dengan ini semua, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih efektif dalam mengelola bisnis mereka.

3. Adaptasi Strategi Pemasaran Yang Tepat:

Penggunaan AI sangat membantu dalam menganalisis data pelanggan, preferensi, dan perilaku pembelian sehingga pihak pemasaran perusahaan dapat membuatkan pesan iklan yang lebih relevan dan menarik bagi pelanggan. Hal ini membantu meningkatkan konversi penjualan yang mejadi tujuan akhir dari proses marketing.

4. Optimalisasi Supply Chain:

Dengan data yang terkumpul, dianalisa menggunakan algoritma AI yang canggih, perusahaan dapat memprediksi permintaan pelanggan dengan cara mengelola persediaan secara pas sehingga perusahaan dapat menghindari kekurangan stock (opportunity loss) atau kelebihan persediaan (opportunity cost) yang berdampak negatif pada sisi finansial perusahaan.

5. Pengenalan Suara dan Text:

Ditahap sekarang, teknologi AI dapat mengenal suara dan text, kemudian mengubah suara dan teks menjadi data yang dapat diproses dan dianalisis. Contohnya adalah asisten virtual yang dapat mengenali suara pelanggan dan merespons perintah pelanggan atau penggunaan AI dalam pengenalan teks yang dapat membantu perusahaan mengotomatisasi tugas-tugas seperti pengolahan dokumen atau analisis teks.

6. Pengelolaan Risiko dan Keamanan:

Dengan menggunakan algoritma AI yang canggih, perusahaan dapat menganalisis data risiko dan mengidentifikasi ancaman potensial dengan cepat dan tepat dan hal ini memungkinkan perusahaan untuk segera mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi bisnis mereka dari kerugian dan kerusakan.

7. Automatisasi Proses Bisnis:

Dan yang terakhir, AI dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses bisnis yang manual dan berulang lewat proses otomatisasi berbasis robot (RPA -Robotic Process Automation), dimana perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi dengan menggantikan pekerjaan manusia yang repetitif dengan sistem AI yang bersifat otomatis.

Kesimpulan

AI telah membawa banyak manfaat bagi dunia bisnis dimana kami telahberbagi 7 contoh penerapan AI di bidang bisnis yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja mereka. Dengan menggunakan AI dengan bijak, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai keunggulan kompetitif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *