AI Untuk TeleCollection: Tingkatkan Efisiensi dan Keberhasilan Penagihan - Rydd

Apakah Anda pernah berpikir bahwa teknologi AI dapat menjadi partner terbaik dalam mengelola piutang? Dalam era digital, perusahaan yang mengandalkan telecollection harus memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menghadapi tantangan kompleks. Dari voice yang cerdas hingga analisis data yang mendalam, AI menciptakan lagi efisiensi dan keberhasilan penagihan. Mari kita telusuri bagaimana AI dapat mengubah lanskap telecollection dan mengoptimalkan rasio pelunasan. 🤖📞

Pendahuluan: Definisi AI untuk TeleCollection

AI untuk TeleCollection di Indonesia adalah pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penagihan hutang melalui telepon. AI dapat mengotomatiskan berbagai tugas, seperti menghubungi debitur, menganalisis data pembicaraan untuk memahami kondisi debitur, dan menyusun strategi penagihan yang tepat. Dengan demikian, AI membantu para pelaku bisnis mempercepat proses penagihan dan meningkatkan tingkat keberhasilan.

Manfaat Menggunakan AI untuk TeleCollection

Meningkatkan Efisiensi Proses Penagihan

Ya. AI dapat mengotomatiskan tugas berulang seperti penjadwalan panggilan, pemilihan target penagihan, tingkatkan jumlah panggilan dan pengiriman pesan suara pengingat. Ini membebaskan agen manusia untuk fokus pada kasus yang lebih kompleks dan membutuhkan pendekatan personal.

Meningkatkan Tingkat Keberhasilan Penagihan

AI dapat menganalisis data pembicaraan dengan debitur untuk memprediksi kemungkinan tertagih atau potensi gagal bayar dan mengidentifikasi waktu terbaik untuk menghubungi debitur, sehingga Collected Rate-nya tinggi.

Bagaimana Cara Kerja AI dalam TeleCollection

VoiceBot:

Voicebot dapat menangani penagihan awal untuk mengingatkan debitur tentang jatuh tempo pembayaran, jumlah yang harus dibayar sewaktu jatuh tempo dll.

Speech Analytics:

AI dapat menganalisa percakapan penagihan dengan debitur sehingga dapat mengidentifikasi langkah selanjutnya dapat dilakukan oleh agen manusia. Misalkan debitur mau bayar tapi telat 2-hari karena alasan tertentu sehingga keringanan bunga diberikan, atau jumlah yang dibayar lebih kecil dari yang seharusnya.

Prediksi Risiko Kredit: 

AI dapat menganalisa percakapan dengan debitur untuk memprediksi kemungkinan gagal bayar dan memprioritaskan mereka yang membutuhkan perhatian lebih, termasuk mereka yang berkeinginan untuk mau bayar.

Apakah AI Bisa Membantu Meningkatkan Tingkat Keberhasilan Penagihan?

AI dapat menganalisis data debitur untuk memprediksi kemungkinan pembayaran dan menyusun strategi penagihan yang paling efektif mulai dari menggunakan (1) analisa prediktif seperti kapan waktu menelpon atau cara & pola komunikasi (2) analisis sentiment, seperti memahami perasaan dan kebutuhan debitursehinnga pendekatan lebih empatik dan efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *